ms. lytanie

♫ a lil bit freaky girl ♫

U Know This? #2

1. Sonnenschiff, sebuah kota di Freiburg, Jerman, ternyata sangat concern dengan masalah global warming. Seluruh kebutuhan energi kota ini disuplai menggunakan sinar matahari. Rumah-rumah yang didesain oleh RolfDisc memiliki atap yang memungkinkan sinar matahari tetap disimpan selama musim dingin dan menjadi tameng bagi bangunan dari sinar matahari di musim panas.

2. Jika kita perhatikan, uang dollar jauh lebih tahan lama dibandingkan uang rupiah. Mengapa? Karena kertas uang dollar terbuat dari kapas, alias 100% katun. Kertas kapas ini memang bersifat kuat dan tahan lama, ditambah lagi dengan polivinil alkohol dan gelatin. Sementara uang kertas rupiah hanya terbuat dari kertas kayu yang rentan mengalami kerusakan.

3. Ternyata 2,6 miliar orang atau sekitar 40% populasi dunia tidak memiliki toilet, sehingga mereka harus buang air di tempat terbuka. Karena kurangnya ketersediaan toilet tersebut jutaan orang sekarat akibat diare kronis, serta pencemaran air sungat dan laut yang disebabkan limbah manusia.

4. Jepang adalah satu-satunya negara yang memiliki UU anti obesitas di dunia. UU tsb mencantumkan batas maks pinggang laki-laki dan perempuan. Bagi laki-laki 85 cm, sementara bagi perempuan 89,9 cm. Apabila seseorang sudah melewati batas maks tsb, mereka harus mengikuti konseling. Alasan terbuatnya UU ini adalah semakin sedikit orang yang menderita obesitas, semakin rendah pula biaya kesehatan yang dikeluarkan negara.

5. Medali untuk juara satu memang dinamakan medali emas, tapi sebagian besar medali emas saat ini tidak terbuat dari emas sungguhan. Medali emas olimpiade terbuat dari 550 gram perak dan ditutupi dengan lapisan tipis emas sebanyak 6 gram.

6. Cobalah berenang di kolam renang raksasa yang terletak di San Alfonso, Algarobo, Chile. Luasnya mencapai 1000 meter, meliputi 20 hektar, dengan kedalaman 35 meter dan berisikan 300 juta liter air. Untuk membangunnya saja membutuhkan dana sebesar $ 2 triliun dan $ 4 juta per tahun unutk pemeliharaan.

7. Jika kita biasa bermain tenis meja menggunakan tangan, maka siap-siap heran melihat orang Jerman memainkannya dengan kepala. Olahraga mirip tenis meja ini bernama Headis. Headis sendiri ditemukan oleh Ren Wegner, seorang mahasiswa ilmu olahraga di Universitas Saarbruecker, Jerman, pada tahun 2006.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: