ms. lytanie

♫ a lil bit freaky girl ♫

Hewan Punah yang Ditemukan Kembali

1. Tarsier Kerdil
Pygmy Tarsier adalah hewan bermata besar dengan ukuran sebesar tikus rumah yang berbobot 60 gram. Hewan ini divonis punah pada 1921 sebelum akhirnya pada tahun 2000 ada dua peneliti Indonesia yang berhasil menjerat beberapa makhluk mamalia ini dan secara tak sengaja membunuh salah satunya di Sulawesi.
2. Tikus Awan Cebol
Makhluk cantik ini dulu pernah diteliti oleh seorang ahli biologi asal Inggris pada 1896. Namun kemudian keberadaan makhluk ini menjadi misteri karena orang tak pernah lagi menjumpainya di hutan Gunung Data yang menjadi habitatnya. Namun pada 1960an Danilo Belete yang merupakan peneliti dari Museum Nasional Filipina berhasil menemukan satu spesies dwarf cloud rat di Taman Nasional Gunung Pulag.
3. Tikus Batu Laos
Banyak orang mengira hewan ini telah hilang dari permukaan bumi jutaan tahun yang lalu. Namun, beberapa peneliti menjumpai tikus batu ini di hutan terpencil di Laos pada 2005.
4. Nelson
Pada 1894, segerombol hewan kecil Nelson terlihat di daerah selatan Meksiko. Itulah terkahir kalinya orang melihat mereka hidup, hingga lebih dari 100 tahun kemudian tepatnya pada 2009 ada dua peneliti menemukan tiga ekor Nelson di sebuah hutan di daerah yang sama.
5. Penyu Hutan Arakan
Penyu Hutan Arakan merupakan spesies penyu asli Myanmar yang dinyatakan punah sejak tahun 1908. Namun pada 1994 beberapa spesies penyu ini diperdagangkan di pasar makanan Asia. Seperti penyu Asia lain, penyu-penyu ini sering dijadikan bahan masakan oleh orang-orang karena dianggap mengandung obat mujarab.
6. Solenodon Kuba
Wilhelm Peters, seorang ahli hewan asal Jerman tercatat sebagai orang terakhir yang menemukan spesies Solenodon Kuba pada 1861. Namun pada 2003 beberapa Solenodon Kuba berhasil ditemukan sehingga spesies ini tak jadi punah.
7. Okapi
Pertama kali ditemukan di Virunga yang kini merupakan wilayah negara Kongo pada 1901, Okapi ditetapkan sebagai hewan punah setelah orang tak pernah lagi melihat keberadaannya sejak 1959. Namun pada 2006, sekelompok peneliti dari WWF dan negara Kongo sendiri berhasil menemukan 17 spesies hewan pemal ini.
8. Kadal Teror
Kadal Teror tidak jadi ditetapkan sebagai makhluk yang telah punah setelah spesiesnya ditemukan di Kaledonia Baru pada 2003. Sebelum ditemukan kembali, orang terakhir kali melihat kadal bergigi melengkung tajam ini pada 1876.
9. Burung Puyuh
Burung Puyuh Worcester ini ditemukan di Luzon, Filipina, sebelum beberapa pemburu menjerat dan membawanya ke pasar pada 2009. Sebelum itu, burung ini hanya dikenal lewat gambar di museum saja.
10. Coleacanth
Coleacanth dikira telah punah 65 juta tahun yang lalu. Pada 1938, banyak yang terkejut ketika mendapati makhluk aneh ini ternyata masih hidup di Samudera Hindia. Ikan yang wujudnya tidak seperti ikan kebanyakan ini diyakini merupakan makhluk yang sedang berevolusi dari habitatnya di air menuju ke daratan.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: